Senin, 01 Desember 2014

Tentang Vitamin C



Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang diperlukan tubuh. Banyak manfaat yang diberikan vitamin ini karena vitamin ini merupakan protein penting penyusun jaringan kulit, tulang, sendi, dan sebagainya.
Pada saat saya kecil dulu, ibu menyuruh saya sering mengkonsumsi buah jeruk. Beliau bilang agar saya tidak mengalami sariawan. Setelah menjamurnya internet pada masa sekarang, ternyata vitamin C itu tidak hanya terkandung pada buah jeruk saja. Vitamin C dapat ditemukan di aneka ragam buah-buahan, sayur-sayuran, maupun suplemen. Ada beberapa buah dan sayur yang mengandung vitamin C antara lain, jambu biji, jeruk, kiwi, stroberi, kelengkeng, pepaya, paprika, brokoli, tomat cabe, apel, delima, anggur, sirsak, mangga, blewah, dan lain-lain. Setiap buah dan sayur, mengandung vitamin C dengan jumlah yang berbeda. 

buah buahan yang mengandung vitamin C (sumber google)

·   Kandungan vitamin C pada jambu biji hampir 2 kali lipat dari jeruk. Dalam 100 gram buah jambu biji mengandung 108 mg vitamin C. Buah jambu biji berkhasiat untuk mengobati gangguan perut seperti diare.
·   Sedangkan jeruk menyediakan 50 sampai 70 mg vitamin C, setara dengan kebutuhan harian vitaminC seseorang. Jeruk juga merupakan sumber serat, folat, serta antioksidan, vitamin dan mineral lainnya.
·      Pada buah kiwi vitamin C yang terkandung dua kali vitamin C daripada jeruk. Selain mengandung banyak vitamin C, buah kiwi merupakan sumber magnesium, kalium, vitamin A dan E.
·    Stroberi juga merupakan sumber vitamin C dan antioksidan lainnya. Dalam satu porsi buah stroberi 147 gram, mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg. Konsumsi harian stroberi membantu Anda mengendalikan diabetes tipe 2 dan mencegah penyakit jantung.
·     Kelengkeng juga mengandung vitamin C sekitar 84 miligram per 100 gram kelengkeng. Kadar vitamin C pada kelengkeng membuat buah ini termasuk buah yang kaya akan vitaminC. Buah ini berkhasiat untuk obat insomnia.
·     Pada buah papaya terkandung vitamin C 78 miligram per 100 gram buah pepaya. Buah pepaya berkhasiat untuk mengurangi penimbunan lemak di tubuh dan membantu proses pencernaan protein.
·    Kandungan vitamin C pada brokoli adalah 118 miligram setiap 100 gram brokoli. Brokoli ini berkhasiat untuk mencegah kanker, detoksifikasi, mencegah gangguan lambung, dan mencegah penyakit jantung. Khasiat lainnya adalah mampu merawat kulit, dan mencegah anemia.
·      Kandungan vitamin C pada tomat adalah 34 miligram per 100 gram buah tomat.
·    Kandungan vitamin C pada cabai sekitar 84 miligram per 100 gram cabe. Cabe memiliki rasa pedas ini jarang dimakan langsung apalagi dalam dosis 100 gram. Biasanya dibuat pada komposisi bersama tomat. Jenis cabe sangat banyak dan rata-rata mengandung vitamin C yang tinggi.
·   Kandungan vitamin C pada buah apel adalah 5 miligram pada 100 gram buah apel. Khasiatnya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Kemudian menstabilkan imunitas tubuh. Serta mengurangi adanya alergi pada tubuh.
·    Satu buah delima menyediakan 40 persen kebutuhan vitamin C harian. Delima juga mengandung folat, serat, kalium, niasin, vitamin A dan E. Antosianidin dalam delima memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang menurunkan kolesterol dan tekanan darah, melindungi gigi, mencegah osteoartritis, alzheimer, kanker payudara, leukemia, kanker paru dan kanker prostat.
·   Anggur memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak, yaitu sekitar 10,8 mg tiap 100 gramnya. Anggur juga mengandung zat besi, kalium, serat dan antioksidan lain yang berlimpah.
Cukup banyak buah yang mengandung vitamin C, sehingga kita tinggal memilih salah satu atau beberapa diantaranya untuk memenuhi kebutuhan vitamin C tubuh kita. Vitamin C mempunyai banyak manfaat, diantaranya:
1)         Melawan kanker
2)         Memperbaiki kulit
3)         Meningkatkan mood
4)         Menurunkan resiko serangan jantung
5)         Mengontrol tekanan darah
6)         Mencegah stroke
7)         Mengurangi resiko diabetes
8)         Mencegah katarak
9)         Mengatasi Flu
10)     Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
11)     Sebagai antioksidan
12)     Menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi 
13)     Menjaga struktur collagen
14)     Membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran
15)     Meningkatkan kerja otak.
16)     Menangkal nitrit
17)     Menghindarkan dari resiko asma
18)     Mengurangi kram setelah berolahraga

Vitamin C yang diperlukan oleh tubuh tidak terlalu banyak. Maka kita diharuskan mengonsumsi vitamin C secukupnya saja. Harus seimbang, tidak kekurangan ataupun kelebihan. Gejala apabila kekurangan vitamin C ditandai dengan :
  1. Kehilangan nafsu makan
  2. Kram pada otot
  3. Kulit yang menjadi kering 
  4. Rambut bercabang
  5. Gusi berdarah 
  6. Kekurangan darah merah (anemia)
  7. Infeksi
Sedangkan kelebihan vitamin C ditandai dengan :
  1. Diare
  2. Meningkatnya asam lambung.

Mengingat banyak manfaat dan mudah ditemukannya vitamin C pada buah dan sayur, maka tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi vitamin C secukupnya saja, tidak perlu terlalu sedikit atau terlalu banyak untuk mengurangi resiko yang ditimbulkan. Mari ciptakan hidup sehat dengan vitamin C.


3 komentar:

  1. manfaat vit c banyak banget yaa mbakkk...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. baru nyadar juga kalo vitamin C gak cuma untuk mencegah sariawan seperti kata orang2 dulu :D

      Hapus
  2. terimakasih infonya sangat bermanfaat,silahkan kunjungi web kami http://bit.ly/2oRxd3w

    BalasHapus