Kamis, 19 Desember 2013

Mari Berbagi dengan Taman Bacaan Rumpun Aksara Desa Panti


Berbicara tentang sebuah komunitas, banyak sekali komunitas di kota saya. Beberapa diantaranya telah saya ikuti, akan tetapi semua berkaitan dengan olahraga. 

Sekitar beberapa bulan lalu saya dikenalkan pada sebuah komunitas yang berkaitan dengan masyarakat. Nama komunitas tersebut adalah Taman Bacaan Rumpun Aksara Desa Panti. Saat itu salah seorang sahabat saya yang bernama Agung mengajak saya bergabung dan menjelaskan kegiatan apa saja yang dilakukan. Berdasarkan nama komunitas tersebut tentu kegiatannya dilakukan di desa Panti, Kabupaten Jember.  Namun sayangnya saat itu saya sedang mendapat tugas kampus untuk melaksanakan prektek di salah satu sekolah selama 4 bulan, sehingga dengan terpaksa saya menolak tawaran sahabat saya itu. Komunitas tersebut dapat dilihat disini.

Saya belum sempat berproses  dan menjadi sukarelawan dalam komunitas tersebut. Namun mendengar cerita dan penjelasan sahabat saya, beserta dokumentasi-dokumentasinya, komunitas ini terlihat begitu menyenangkan. Semoga suatu saat saya diberi kesempatan untuk menjadi bagian dari mereka. 

Komunitas ini bisa dibilang gaul. Bagaimana tidak, komunitas ini mempunyai segudang  kegiatan. Menurut sahabat saya, komunitas Taman Bacaan Rumpun Aksara Desa Panti merupakan komunitas yang menjadi sarana bermain, belajar, dan rekreasi. Sasaran yang dituju adalah anak-anak dan para remaja di desa Panti yang mayoritas adalah anak-anak dari buruh perkebunan di desa tersebut. Komunitas ini didirikan oleh Lia Salsabila/Yuliatiningsih, Teguh Hadi Wijaya dan Hari Kurniawan.

Kegiatan komunitas ini sangat beragam. Kegiatan pertama adalah mengajarkan banyak ilmu. Mulai dari ilmu yang hanya melatih kognitif anak, sampai dengan ilmu yang melatih psikomotor dan afektif. Hal tersebut dilakukan karena komunitas ini tidak hanya ingin melatih anak sebatas untuk hafalan, memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi. Akan tetapi juga melatih bagaimana merespon, menanggapi, menghargai, serta mengasah kemampuan yang ada pada diri masing-masing anak.

 kegiatan belajar

  kegiatan belajar

Kegiatan kedua adalah melakukan kegiatan sosialisasi. Banyak sekali sosialisasi yang dilakukan, salah satunya adalah sosialisasi tentang gigi karena mengajarkan dan menanamkan hidup sehat pada anak-anak sangatlah penting.

Kegiatan lainnya adalah bermain dan berekreasi. Tidak mungkin anak disodori berbagai macam materi tanpa istirahat, tentunya ada kegiatan-kegiatan yang membuat mereka tidak jenuh, sehingga materi-materi yang disampaikan akan mudah dipahami.  Kegiatan tersebut bisa berupa outbond, persami dan lain-lain. Dalam kegiatan tersebut tentu sangatlah membantu untuk mengasah kerjasama dan kreatifitas anak. 
dan masih banyak lagi kegiatan lainnya.

sahabat saya pada acara out bond
 
Komunitas Taman Bacaan Rumpun Aksara Desa Panti ini masih membutuhkan donasi berupa buku-buku untuk menambah koleksi. Selain itu apabila ingin membantu secara finansial untuk dana operasional lembaga juga bisa dilakukan, karena selama ini dana operasional lembaga diambil dari dana pribadi masing-masing pendiri. Yuk mari berbagi, bias menghubungi Yuliatiningsih / Bp. Sholihin di Jalan PB Sudirman RT 02 RW. 01 Dusun Krajan (Utara Lapangan Panti) Desa Panti Kec. Panti Kab. Jember, Kode pos 68153, Hp. 081336802524

http://emakgaoel.blogspot.com/


6 komentar:

  1. Coba colek penerbit Diva di twitter, mereka sedang berbagi buku juga lhoo..sukses tuk kontesnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya, terimakasih infonya :)
      amin, terimaksih ^^

      Hapus
  2. Lihat semangat anak-anak dan juga kakak relawan jadi senang dan bangga, ternyata masih banyak orang yang peduli pada nasib anak-anak yang kurang beruntung. Tidak seperti kecenderungan elite yang haus kekuasaan dan korupsi. Semoga saya bisa meniru langkah mereka, dan semoga mereka bisa jalan terus. Salam kenal dan semoga menang Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiiiin amiiiinn, semoga kita bisa meniru :)
      salam kenal juga, amiin, terimakasih :)

      Hapus